Mengapa Mesin Mobil Mendadak Mati di lintasan Rel Kereta Api???

INFO PENTING BAGI PENGEMUDI MOBIL.

Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel Kereta Api ?
Orang awam mengira hal ini di sebabkan  karena perlintasan tersebut angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll


Penjelasan teknis : 
Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, Jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dari lokomotif. Saat kendaraan bermotor melintasi rel Kereta Api, biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie Kereta Api yang dihantarkan oleh rel Kereta Api. Oleh Karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum Kereta Api mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel Kereta Api yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt MATI ( mesin mati).
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, Karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali.
Koleksi Juga Diamond Quote nya Disini

Maka disarankan jangan melintasi rel Kereta Api bila sudah terlihat Kereta Api walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat Kereta Api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata- rata Kereta Api akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem". apabila sudah terlanjur berada di tengah perlintasan, coba bunyikan klakson pada mobil kemudian starter kembali..

Sumber:
(Bagas Senoadji / PPNS Perkereta-apian).
Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About AUTOSPORT

0 komentar:

Post a Comment