6 Tips Mengelola Gaji dengan Efektif


     Kebiasaan kita dalam menggunakan uang gaji yang tidak terkontrol mengakibatkan kita kebingungan di minggu akhir setiap bulan.. bahkan ada yang masih di awal bulan sudah kebingungan karena kehabisan uang untuk kebutuhan sehari hari.. bahkan sampai meminjam kepada teman, tetangga dll.
      maka penulis kali ini akan memberikan 6 tips dalam mengelola gaji dengan efektif. Udah ga sabar pengen tau apa aja yang harus dilakukan? yuk kita intip ke bawah..

1. Punya Anggaran
    Memiliki Anggaran adalah sebuah keharusan dalam mengontrol pengeluaran uang.. anda sudah harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.. pertama kita harus membuat anggaran untuk Kebutuhan kita selama satu bulan.. kalau masih ada sisa dari kebutuhan.. jangan langsung dipakai untuk keinginan.. tapi coba diingat ingat lagi.. apakah kita masih memiliki Hutang? kalau kita masih memiliki tanggungan atau hutang.. maka kita harus memprioritaskan itu.. kalau ternyata kita tetap masih memiliki sisa dari gaji kita maka kita harus bisa menabung walau sedikit dan berat..
2. Kumpulkan bukti slip gaji (Bila ada)
    kumpulkan slip gaji pertama hingga saat ini.. hal ini guna membaca setiap kesalahan pada setiap pengeluaran serta pendapatan. pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan atau insentif serta pengeluaran.
3. Dahulukan membayar tagihan
    mulailah hari penggajian anda dengan membayar tagihan terlebih dahulu, seperti tagihan listrik, telepon dll
4. Pikirkan diri sendiri
    disamping bekerja, pikirkan pula untuk kebutuhan sehari-hari dengan cara menyisihkan anggaran pribadi
    hal itu bisa ditempuh dengan cara menyisihkan anggaran untuk belanja, liburan,....
5. Dana Untuk Investasi dan asuransi
    berpikirlah untuk mulai memiliki investasi dan mengikuti asuransi/mendepositokan uang anda ditempat yang aman seperti di Bank, tetapi kebanyakan bank konvensional memiliki peraturan sendiri tentang pemotongan administrasi, Mulai dari 5.000 hingga 20.000 atau mau yang lebih aman dan banyak dapat keuntungan.. maka tabungkanlah uang anda di BMT Al-Idrisiyyah
6. Segera buat tabungan darurat
    Terkadang Sering kali kita tidak bisa mengontrol keuangan diluar dugaan kita.. maka ada baiknya kita memiliki simpan tabungan untuk berjaga jaga..
demikian sekilas info Dari saya,
    mudah mudahan info ini dapat membantu kalian dalam mengolah gaji kalian..
Share on Google Plus

About AUTOSPORT

0 komentar:

Post a Comment